13 Tips Ampuh Berhemat  Ala Anak Kost

18 Desember 2021

13 Tips Ampuh Berhemat Ala Anak Kost - Kali ini Mimin akan kasih panduan ke kalian seputar perkosan alias dunia anak kosan. Mimin sebetulnya sich sudah 5 tahun ini menjadi anak kosan jadi sudah lihai lah bagamana caranya menghemat ala anak kost. Dan tentunya Mimin sudah mempunyai banyak jam terbang yang berkenaan dengan kehidupan anak kost supaya lebih berhemat.

Di sini Mimin akan kasi panduan hemat ala-ala anak kos. Hemat itu untuk kita sebagai anak kos merupakan sebuah kewajiban, soalnya ya kita kan hidup di tanah rantauan yang jauh dari orangtua dan keluarga, jadi kalau kagak hemat kelak kita dapat mati dipertengahan jalan karena kekejaman kota metropolitan.

Sudah ketebak dech kalau tanggal muda saja pada hangout bersama kawan-kawan ke mall, menonton, karokean, menu makanannya ayam, daging, kongkow di cafe, makan di KF* wkwkw. Dan ketika tanggal tua tentu hanya dikosan rebahan, dan makannya mie instant, ini jadi opsi favorit karena selainnya harga murmer rasanya pun enak.

13 Tips Ampuh Berhemat Ala Anak Kost : 

1. Targetkan dan catat dalam buku kecil atau aplikasi hal-hal yang akan dibeli.

Catat apa saja daftar belanjaan yang perlu dibeli lebih dulu (alat mandi, keperluan makan seperti beras, telor, minyak), dan catat juga list belanjaan yang mana dapat dibeli dilain wektu (buku, pakaian, almari, ponsel, tv).

Intinya, perioritaskan ha-hal yang dibutuhkan, kalau ingin beli atas dasar kenginan ditahan dulu aja ya.

2. Samakan daftar belanjaan dengan kiriman uang yang kalian terima.

Jangan sampai kamu belanja dengan nominal yang melebihi kiriman dari orangtua. Dari kiriman tersebut harusn didistribusikan buat keperluan apa saja. Misal untuk makan, untuk alat-alat mandi, keperluan kuliah, dana cadangan, tabungan.

3. Hemat uang dengan cara: 

Janganlah ambil semua uang kiriman, mengambil sekedarnya saja dan sisanya simpan aja di rekening sobat idkos. Tetapkan berapakah uang tiap hari nya yang bisa kamu habiskan dalam satu hari misalkan 30k, artinya kamu jangan jajan melewati 30k dalam satu hari. Kemudian sisakan sedikit uang kalian dan simpan ke celengan, ini benar-benar bermanfaat jika di saat kalian belum mendapatkan kiriman dari ortu pada awal bulan

4. Pilihlah makanan yang sehat

Makanan sehat ala anak kosan ya lebih bagus masak sendiri. Memang sich cukup repot, tetapi ini efisien sekali untuk meminimalkankan pengeluaran kamu daripada kamu membeli nasi bungkuz tiap hari, apalagi kalu ngegofood terus Heheh. 

Coba saat ini nasi bungkuz anggap saja seharga 15k, kita makan satu hari 3x, 15k x 3x = 45k itu satu hari. Ya ampun sobat-sobat, coba kaliin saja lagi 30 hari? sudah brp uang yang perlu kebuang. 

Mimin punya langkah tepat nih, masak yang sederhana saja, telor dadar/ ceplok, nasi goreng, pakai krupuk kan sudah sehat tuh jika dibandingin kita harus masak mie instant yang sudah tahu tidak sehat buat badan kita, tetapi sesekali kalau sesekali ya gapapa. Mimin juga kasih info 5 Makanan ini mudah dibuat pakai rice cooker, anak kos wajib coba!

5. Survey tempat makan yang murah.

Kalau untuk kamu yang baru jadi anak kosan, kamu kelilingin saja tuch satu-persatu tempat makan yang agak deket kampus/kosan. Nanti kamu tahu tu dimana tempat makan yang nikmat dan paling "murmer"(murah meriah). Dengan langkah ini bisa juga menghemat uang kalian sebagai anak kosan

6. Membeli keperluan setiap hari di pasar tradisionil

Apa keuntungan belanja dipasar tradisional? Ya betul, bisa ditawar heheheh, bisa sich ingin beli ke mall tetapi kalau pas lagi diskon ajadi supermarketnya, sehingga kita sebagai anak kos dapat semakin untung dech

7. Nggak boleh hedon. 

Upayakan tidak beli beberapa barang yang tidak terlalu diperlukan karena ini bisa membuat barang itu mubazir dibeli. Biasanya ini terjadi bila ada diskon gede, langsung jadi dech nafsu berbelanja nya keluar dan langsung ingin berbelanja meskipun tahu itu belum pasti diperlukan.

8. Tidak boleh asal ikut-ikutan teman. 

Kondisi financial kita belum pasti sama dengan teman kita. Misalkan teman kamu senangnya kongkow di mall, di cafe, terus pesen minum dan makan yang mahal ala-ala kekinian, kamu tidak boleh malu hanya pesen minuman yang harga termurah, soalnya perlu kalau inget mencari uang itu sulit lho bro n sist, inget orangtua kita membanting tulang cariin ua buat dikirimkanin ke kita untuk menyambung hidup kita di rantau, bukan untuk piknik.

9. Tidak boleh dipengaruhi pergaulan bebas. 

Sebagai anak kos, kamu nggak boleh sampai terjerat di dunia seks bebas dan narkoba. Inget ya sobat-sobat idkos, yang paling penting kalau kita sudah terjerat ini, akan jadi apa nanti kamu?

10. Tentukan teman yang baik.

Teman baik disini dalam pengertian ia tidak memakai narkoba dan tidak seks bebas, karena karakter seorang teman bisa nyebar ke kita lho. Apa lagi sama anak kosan. Jadi mencari teman yang dapat menyebarkan vibes positif ke diri kita.

11. Hargailah diri kamu dan waktu.

Waktu terus jalan dan tidak pernah kembali, jadi manfaatkanlah waktu kamu untuk hal yang berguna dibanding menghamburkan uang di diskotik, mall, dan lain-lain. Mending ikutan course, ke mushola dan ke perpustakaan gitu hehehe

12. Menjaga kebersihan diri, kosan kamu dan kamu.

Jika kos-kosan kamu rapi dan bersih pasti kamu akan berasa nyaman dan betah ada di dalamnya. Melakukan apapun pasti jadi lebih enjoy, gak akan terganggu. Kalau kamu gabisa urus diri, nanti efeknya sakit, nah kalau sakit kan lumaya perlu biaya lagi. Anak kosan nggak boleh sakit!! hehehe

13. Peraktek!!!

Semuanya yang udah Mimin jabarin dari 1-12 itu bergantung dari sobat-sobat idkos, percuma rencana bagus tapi no action. Ingat jangan sampai no action talk only!!! Udah gitu aja 13 tips ampuh menghemat ala anak kost, silakan mencoba :)

Rekomendasi Kost

Berita Terkait